Makalah dasar negara indonesia

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap bangsa dan Negara sangat membutuhkan dasar atau landasan filosofis, karena inilah merupakan suatu landasan, dasar, arah, pedoman, pegangan, motivasi untuk mencapai tujuan Bangsa dan Negara tersebut. Didibaratkan orang akan mendirikan bangunan, maka memerlukan landasan atau fondasi bangunan tersebut, apabila menginginkan bangunan tersebut menjadi kokoh.
Bagi bangsa Indonesia Pancasila merupakan Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa yang mengandung nilai-nilai fundamental, nilai essensial, substansial, menyeluruh dan mendalam, yang pada akhirnya menjadi Dasar, Tujuan, dan Cara untuk mewujudkan Tujuan Nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu sebagai bangsa yang ingin Maju dan Berdiri Kokoh harus menaati dan melaksanakan Pancasila secara Konsekuen dan Konsisten.
Dasar Negara berhubungan erat dengan Konstitusi. Konstitusi berada dibawah Dasar Negara. Konstitusi berlaku bersumber dan berdasarkan Dasar Negara, sebagai norma dasar dan norma tertinggi yang menjadi sumber normatif bagi penyusunan konstitusi. Konstitusi pada hakekatnya berisi aturan penyelenggaran bernegara sebagai pencerminan norma dalam Dasar Negara.

1.2 Identifikasi Masalah
Memperhatikan Latar belakang diatas, masalah yang akan diteliti adalah:
a. Apa yang dimaksud Dasar Negara
b. Apa yang dimaksud Konstitusi
c. Apa keterkaitan Pancasila dengan Undang-Undang 1945
d. Apa fungsi pokok Pancasila
1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Memenuhi salah satu tugas yang telah diberikan oleh guru bidang mata pelajaran Kewarganegaraan.
b. Menambah pengetahuan tentang hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi.
c. Mengetahui pengertian Dasar Negara dan Konsitusi
d. Mengetahui fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
e. Mengetahui hubungan pancasila dengan Undang-Undang Dasar 1945
1.4 Batasan Masalah
Pembatasan Masalah ini dilakukan supaya dapat memudahkan penyusunan makalah ini dan dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun batasan masalahnya. Yaitu, Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi.
1.5 Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kepustakaan yang secara pengambilan data dari berbagai sumber.
1.6 Manfaat Penulisan
Mafaat yang diperoleh dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Kita dapat menambah pengetahuan tentang pengertian dasar negara
b. Menambah wawasan kita tentang pengertian konstitusi
c. Kita menjadi tahu bagaimana hubungan antara negara dan konstitusi
d. Kita tahu keberadaan Pancasila dan konstitusi di negara kita.
1.7 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dibuat untuk menghasilkan suatu laporan yang lebih terarah dan tidak menyimpang dari permasalahan yang telah ditentukan agar tercapai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun sistematika penulisannya sebagai berikut:
BAB I : Pendahuluan
Bab ini menjalankan Latar belakang masalah atau permasalahan, maksud dan tujuan, identifikasi masalah, batasan masalah, metode penelitian, manfaat penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II : Kajian Pustaka
Bab ini membahas tentang pengertian dasar Negara, fungsi dasar negara, pengertian konstitusi, kedudukan konstitusi, sifat konstitusi, fungsi konstitusi da substansi konstitusi.
BAB III : Metodologi Penelitian
Bab ini membahas metodologi atau metode penyusunan makalah ini, yaitu cara penyusun mendapatkan data hingga menjadi sebuah makalah.
BAB IV : Pembahasan
Bab ini membahas tentang Pengertian Dasar Negara, Fungsi pokok Pencasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta membahas hubungan pancasila dengan Undang-Undang Dasar 1945.
BAB V : Penutup
Bab ini membahas tentang Kesimpulan dan Saran.


Makalah Dasar Negara Selengkapnya Klik Disini

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...