Makalah jagung sebagai makanan alternatif pengganti nasi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      LATAR BELAKANG
Ketergantungan terhadap beras sebagai makanan pokok akan menyisakan banyak masalah. Kebutuhan yang semakin meningkat dan menyempitnya lahan pertanian mengakibatkan impor beras semakin tinggi, atau bahkan krisis beras. Selain itu, kekayaan sumber daya pangan kita akan sia-sia jika tidak pernah dimanfaatkan. Kearifan lokal di masyarakat yang memanfaatkan umbi dan bahan pangan lain selain beras akan musnah jika kita tetap bergantung pada beras.
Makanan adalah kebutuhan hidup setiap insan manusia untuk memenuhi kebutuhan energi setiap harinya. Dahulu kala, manusia purba melakukan berburu dan bercocok tanam untuk bertahan hidup. Mereka berburu binatang untuk  memenuhi protein hewani dan bercocok tanam umbi-umbian untuk memenuhi kabohidrat. Seiring jalannya waktu zaman manusia purba bergeser ke zaman manusia modern. Misalnya manusia modern di Indonesia. Sebelum Indonesia merdeka, penduduk di Indonesia bahan pokok makanannya dari sabang sampai merauke berbeda-beda. Ada yang bahan pokok pangannya beras, ada yang bahan pokok pangannya umbi-umbian (missal singkong, ketela rambat dll) dan ada yang bahan pokok pangannya sagu. Tetapi entah kenapa setelah Indonesia merdeka, bahan pokok pangannya dari sabang sampai merauke menjadi sama yaitu beras.
Ada yang bilang untuk pemerataan kesejahteraan karena sudah merdeka (atau jangan-jangan karena hanya gengsi, sudah merdeka ko makan umbi-umbian kaya manusia purba saja > peace). Tetapi seiring waktu berjalan, kesediaan bahan pokok pangan beras dan kebutuhan beras semakin timpang.
Persediaan beras secara nasional lebih sedikit dibanding kebutuhan akan beras. Setiap tahun kebutuhannya makin meningkat berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk Indonesia.Penyebab dari minimnya persediaan bahan pokok beras diantaranya adalah semakin sempitnya lahan persawahan dan  peminat orang menjadi petani sedikit serta kemungkinan besarnya riset tentang produk unggulan padi masih kurang maksimal. Akibatnya bulog harus impor beras dari Negara tetangga (Vietnam, Thailand), kelaparan menjadi cerita biasa (karena sebagian saudara-saudara kita yang kurang beruntung tidak mampu membeli beras), dan busung lapar di Indonesia bagian tengah tak terhindarkan. Lalu pemerintah bergegas menyuruh rakyatnya mencari pengganti bahan pokok beras yang kandungan karbohidratnya setara dengan beras. Karena sudah terbiasa makan nasi dari beras, sekarang menjadi sulit untuk kembali seperti masalalu dengan makan umbi-umbian atau sejeninya yang mengandung karbohidrat untuk menggantikan beras.

1.2.     RUMUSAN MASALAH
1.    Sebutkan  nilai gizi yang terdapat dalam jagung selain karbohidrat ?
2.    Apa penyebab minimnya persediaan bahan pokok beras dan mengapa jagung yang jadi bahan pengganti beras ?
3.    Apa saja manfaat dari jagung itu sendiri ?

1.3.     TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh jagung sebagai makanan alternative.

1.4.     MANFAAT PENULISAN
Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan bagi penulis dan pembaca sekalian.












BAB II
PEMBAHASAN

2.1.  Jagung Sebagai Makanan Alternatif
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) bahkan bahan makanan utama di Jawa, Madura, dan Sulawesi. Selama ini jagung hanya dikenal sebagai salah satu makanan pokok bagi penduduk Indonesia. Namun ternyata jagung juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Untuk itu marilah kita meneliti kandungan dari jagung (Zea mays) ini.
1.    Karbohidrat
2.    Protein
3.    Serat
4.    Asam folat
5.    Mineral besi, magnesium, fosfor, kalium dan kalsium
6.    Vitamin B5, B12, A, C
7.    Likopen
Jagung merupakan salah satu komoditas utama pertanian sebagai bahan pangan penting selain padi. Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama penghasil karbohidrat dan merupakan menu makanan yang bersifat substitusi atau suplemen bagi manusia. Jagung sebagai salah satu sumber hidrat arang dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Bahkan dibeberapa daerah jagung digunakan sebagai bahan pokok makanan sehari-hari. Jagung dapat diolah dalam berbagai variasi masakan, sebagai lauk ataupun sebagai hidangan selingan manis dan gurih untuk keluarga di sore hari. Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium.
Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.
Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Makanan pengganti beras yang berasal dari jagung sedang diintensifkan sosialisasi pemanfaatannya kepada warga di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sebagai terobosan diversifikasi pangan lokal. Selain itu, menyantap karbohidrat selain nasi seperti jagung dapat menjadi alternatif agar tidak menjadi monoton. Yang termasuk dalam kategori GI rendah adalah karbohidrat dari pasta, jagung, singkong rebus, dan oat. Jagung yang dikonsumsi sebagai makanan pokok biasanya jagung putih atau kuning, tetapi bukan jagung manis. Jagung yang telah tua dan kering, setelah ditumbuk kasar dibuat nasi jagung, yang masih agak muda dan segar direbus atau dibakar. Nasi bisa dibuat dari beras jagung atau tepung jagung kasar. Beras jagung siap olah umumnya banyak dijual di pasar tradisional, berbentuk butiran-butiran kecil seperti beras pecah. Beras jagung dibuat dari jagung tua kering yang ditumbuk hingga menjadi butiran-butiran kecil.
Jagung saat ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi, dalam berpartisipasi untuk pelaksanaan diversifikasi pangan yang dicanangkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga yang terkait. Itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini banyak petani yang menanam jagung sebagai alternative pengganti makanan pokok berupa nasi yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia.
Budidaya tanaman jagung tidaklah sulit dan tidak begitu membutuhkan perlakuan ekstra seperti yang dilakukan pada budidaya tanaman padi.  Mengetahui jenis-jenis karbohidrat dapat membantu bagi yang sedang berdiet, agar merasa kenyang lebih lama sehingga membantu diet. Ini juga harus berhati-hati dengan mengurangi karbohidrat pada nasi jika ternyata sudah menyantap makanan mengandung karbohidrat di sela-sela jam makan utama. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa menu makan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks, bisa membuat umur panjang, berkurangnya risiko kanker, berkurangnya risiko penyakit jantung, berkurangnya risiko diabetes, berkurangnya risiko kelainan pencernaan, serta meningkatnya kesehatan secara keseluruhan.
Konsumsi jagung sebagai pengganti nasi atau pengganti makan malam juga dapat membantu program diversifikasi pangan pengganti nasi. Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dalam jagung, tidak ada salahnya kita menerapkan jagung sebagai pengganti makan malam keluarga dengan ditambah makanan berprotein dan bervitamin lainnya.
Salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen.. Oleh para ahli, jagung memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Jagung kaya akan vitamin B1 yang bermanfaat untuk penyerapan karbohidrat dalam tubuh, dan vitamin B5 yang membantu normalnya fungsi-fungsi fisiologis, dan vitamin C yang membantu melawan penyakit.  Kandungan folat jagung juga dinilai dapat  membantu menghasilkan sel-sel baru di dalam tubuh. Tak dipungkiri, jagung juga makanan tinggi serat, jagung pun berperan menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap koresterol jahat, mengurangi risiko kanker usus besar, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Nilai lebih lain dari jagung adalah kandungan komposisi gizinya lebih komplek disbanding beras. Nilai gizinya selain karbohidrat antara lain adalah : Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin (60mg), dengan kandungan karbohidrat 74,26 g per 100g porsi edible menghasilkan total energi 365 Kcal (USDA, 2008).
Penyebab dari minimnya persediaan bahan pokok beras diantaranya adalah semakin sempitnya lahan persawahan dan  peminat orang menjadi petani sedikit serta kemungkinan besarnya riset tentang produk unggulan padi masih kurang maksimal. Akibatnya bulog harus impor beras dari Negara tetangga (Vietnam, Thailand), kelaparan menjadi cerita biasa (karena sebagian saudara-saudara kita yang kurang beruntung tidak mampu membeli beras), dan busung lapar di Indonesia bagian tengah tak terhindarkan. Lalu pemerintah bergegas menyuruh rakyatnya mencari pengganti bahan pokok beras yang kandungan karbohidratnya setara dengan beras. Karena sudah terbiasa makan nasi dari beras, sekarang menjadi sulit untuk kembali seperti masalalu dengan makan umbi-umbian atau sejeninya yang mengandung karbohidrat untuk menggantikan beras. solusi pengganti bahan pokok beras yaitu nasi dari jagung. Nasi jagung menurut Wikipedia adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.

2.2.      Manfaat Jagung untuk Memenuhi Nutrisi
Jagung telah menjadi salah satu makanan kita sehari – hari tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui Manfaat Jagung yang sangat luar biasa. Selain rasanya yang enak, jagung juga kaya akan nutrisi dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut informasi seputar Manfaat Jagung. Nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, selain nasi beras atau sagu. Sebagian besar masyarakat, umumnya lebih banyak mengkonsumsi nasi beras, sebagai asupan karbohidrat. Namun, di beberapa daerah, terutama di pedesaan, nasi jagung sering digunakan sebagai makanan pokok alternatif.
Meski dipilihnya nasi jagung sebagai makanan pokok bukanlah hal baru, namun masih banyak orang yang awam akan manfaat nasi jagung sendiri. Selain karbohidrat, nasi jagung justru memiliki kandungan gizi dan vitamin lebih kompleks daripada nasi beras. Selain itu, nasi jagung juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kangker dan jantung. Bahkan, nasi jagung juga bisa menurunkan kolesterol darah atau mencegah gigi berlubang.
Di Kabupaten Grobogan, nasi jagung lebih diprioritaskan sebagai menu makan utama, dibanding nasi beras. Sejumlah rumah penduduk di wilayah Danyang, bahkan sengaja menjual nasi jagung lengkap dengan lauk pauknya, bagi pendatang luar daerah.
Manfaat Jagung yang utama adalah sebagai sumber kalori. Kita dapat mendapat 342 kalori dengan mengkonsumsi 100g gram jagung. Selain itu, Manfaat Jagung lainnya adalah sebagai sumber vitamin B konstituen; thiamin dan niasin. Niasin dapat mencegah penyakit pellagra dengan gejalanya seperti demensia, diare, dan dermatitis.Bagi inu hamil, Manfaat Jagung juga sangat penting karena kandungan asam folatnya yang cukup tinggi untuk mencegah cacat saraf dan kurang berat badan pada janin.
Selain itu, jagung juga kaya akan beta karoten yang bertugas membentuk vitamin A. Berbagai kandungan vitamin lainnya serta antioksidannya yang tinggi juga memberikan Manfaat Jagung untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah dan mengobati kanker. Kandungan vitamin B12 nya dapat membantu mencegah anemia. Berbagai macam mineral seperti besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, tembaga, dan seng juga merupakan kandungan lain dari jagung yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi, Manfaat Jagung bisa untuk mengganti nasi dan juga memenuhi nutrisi penting bagi tubuh.






















BAB III
PENUTUP

3.1.     KESIMPULAN
Berdasarkan pemaparan di atas penulis dapat menyimpulkan beberapa hal, diantaranya :
1.    Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) bahkan bahan makanan utama di Jawa, Madura, dan Sulawesi.

2.    Jagung merupakan salah satu komoditas utama pertanian sebagai bahan pangan penting selain padi. Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama penghasil karbohidrat dan merupakan menu makanan yang bersifat substitusi atau suplemen bagi manusia. Jagung sebagai salah satu sumber hidrat arang dapat dijadikan makanan pengganti nasi.

3.    Nilai gizinya selain karbohidrat antara lain adalah : Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin (60mg), dengan kandungan karbohidrat 74,26 g per 100g porsi edible menghasilkan total energi 365 Kcal (USDA, 2008).

4.    Jagung memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Jagung kaya akan vitamin B1 yang bermanfaat untuk penyerapan karbohidrat dalam tubuh, dan vitamin B5 yang membantu normalnya fungsi-fungsi fisiologis, dan vitamin C yang membantu melawan penyakit.  Kandungan folat jagung juga dinilai dapat  membantu menghasilkan sel-sel baru di dalam tubuh. Tak dipungkiri, jagung juga makanan tinggi serat, jagung pun berperan menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap koresterol jahat, mengurangi risiko kanker usus besar, serta menurunkan kadar gula dalam darah. Nilai lebih lain dari jagung adalah kandungan komposisi gizinya lebih komplek disbanding beras.

3.2.     SARAN
1.    Pembaca dapat menggunakan makalah ini untuk menambah pengetahuan tentang Makanan Alternatif dalam hal ini jagung.
2.    Harga beras dari waktu ke waktu terus naik, untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mengolah jagung menjadi makanan alternatif selain nasi.






















DAFTAR PUSTAKA


-    http://blog.ub.ac.id/
-    http://www.google.co.id
-    http://wikipedia.org


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...