Contoh naskah pidato tentang maulid nabi muhammad saw

Contoh naskah pidato tentang maulid nabi muhammad saw
Assalamu’alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh,
Yang Terhormat,
- Para Alim Ulama, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda
- Camat dan anggota Muspida ….
- Hadirin sekalian yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita dengan segala ketulusan dan kerendahan hati memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga pada saat ini kita dapat berhadir di …. dalam rangka kita bersama-sama bertemu dan bersilaturahim sekaligus memperingati Maulidu Rasul yang sebentar lagi akan dimulai.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para pengikut beliau yang tetap istiqomah menjalankan sunnahnya, ila yaumul akhir.

Hadirin dan para jamaah yang berbahagia,
Saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota … merasa bersyukur dan bahagia karena pada hari ini kita di sini dapat sama-sama berkumpul, bertatap muka dan bersilaturahim yang sekaligus akan dirangkai dengan acara Maulidul rasul di mana nanti kita akan bersama-sama pula mendengarkan ceramah agama sekitar peringatan kelahiran dan prikehidupan baginda rasulullah SAW.

Dengan silaturahim yang kita lakukan ini diharapkan akan terjalin dan terbina komunikasi dan kerjasama serta hubungan yang harmonis di antara kita. Adanya komunikasi, kerjasama dan hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dengan seluruh komponen yang ada di masyarakat akan menjamin keberlangsungan jalannya pelaksanaan segala bidang program pembangunan di daerah kita.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan terutama kepada warga masyarakat dan … beserta jajarannya yang telah mempersiapkan segala sesuatunya berkenaan dengan pelaksanaan pertemuan dan acara ini.

Kita tentunya semua berharap dengan melalui peringatan Maulid Nabi ini, akan dapat lebih menambah lagi kecintaan kita kepada baginda Rasullullah SAW, Kecintaan yang kita praktekkan dengan selalu mengikuti suri tauladan dan menjalankan sunnah-sunnah beliau yang shahih, karena kita telah meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa sesungguhnya pada diri rasulullah SAW itu terdapat contoh Akhlak yang baik dan mulia.

Hadirin dan para jamaah yang berbahagia,
Dengan demikian kita sebagai ummat Islam yang mengimani kerasulan Nabi Muhammad SAW sangatlah keliru bila dalam kehidupan kita sehari-hari masih meniru atau mencontoh prilaku dari orang-orang selain seperti yang telah diberikan atau dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Salah satu suri tauladan dari pribadi rasulullah SAW yang sepatutnya kita contoh adalah keberhasilan beliau dalam menciptakan kebersamaan dan kerukunan hidup di dalam bermasyarakat. Padahal pada jaman itu (waktu beliau hidup di Madinah), beliau hidup bersama sahabat yang berasal dari kalangan muhajirin dan anshor, namun di bawah kepemimpinan dan ketauladanan baginda Rasulullah SAW mereka dapat hidup rukun dan penuh kekeluargaan.

Kerukunan hidup yang penuh kekeluargaan ini pula yang menjadi dasar bagi kemajuan dan kejayaan ummat Islam pada waktu itu.

Masih banyak lagi hal-hal lain dari pribadi Rasulullah SAW yang dapat kita contoh dan dapat kita praktekan di dalam kehidupan kita di masa sekarang. Di mana nanti secara panjang lebar akan diuraikan oleh Bapak penceramah kita. untuk itu mari kita ikuti ceramah beliau nanti secara saksama sampai akhir.

Hadirin dan para jamaah yang berbahagia,
Mudah-mudahan suasana agamis seperti ini akan memberikan semangat yang tinggi bagi saudara-saudara dan semoga segala usaha kita mendapat ridho dari Allah SWT dan kita senantiasa diberikan bimbingan dan petunjuk-Nya dalam kehidupan kita.

Demikian beberapa hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita dan meridhoi usaha yang kita lakukan.

Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum wb. Wb.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...