Contoh proposal kegiatan pembangunan mesjid

Contoh proposal kegiatan pembangunan mesjid

I. Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan kehadhirat Allah SWT atas semua nikmat-Nya yang tercurah kepada hamba-Nya hingga saat ini. Shalawat dan salam semoga terkirimkan kepada panutan umat Nabi Muhammad SAW.

Kaum Muslimin dan Muslimat yang dimulyakan Allah SWT

Beruntunglah bagi kita sebagian umat yang masih mau menyeru untuk berbuat baik dan mencegah kemunkaran yang ada disekeliling kita. Fitrah tersebut selayaknya selalu di jaga dan ditingkatkan kapasitasnya sehingga kita umat manusia ini akan selalu dalam lindungan Allah SWT. Mulya di dunia dan selamat di akherat akan kita capai bersama-sama.

Kaum Muslimin dan Muslimat yang dimulyakan Allah SWT

Kami warga Muslim di Perumahan Tatya Asri RW.12 Desa Cijujung, Sukaraja, Bogor dengan niat tulus dan ikhlas akan membangun sarana ibadah / Masjid “Ar-Rahman” bagi kemajuan kehidupan rohani Islam serta meningkatnya Ukhuwah Islamiyah di antara warga sekitar serta masyarakat luas pada umumnya.

Tentunya dalam pembangunan Masjid “Ar-Rahman” yang kami laksanakan ini diharapkan akan mampu menggugah solidaritas masyarakat muslim untuk turut serta dan berpatisipasi bagi terealisasinya segera masjid “Ar-Rahman” di lingkungan kami tersebut. Untuk itu kami Panitia Pembangunan Masjid Ar-Rahman memberikan kesempatan kepada para dermawan muslimin dan muslimat dimanapun berada untuk menanamkan investasi di jalan Allah.

Atas dukungan dan keikhlasannya, kami atas nama warga perumahan Tatya Asri RW.12 Desa Cijujung mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Semoga amal jariyah para dermawan sekalian mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT dan digantikan berlipat ganda.

“Katakanlah, dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah (dengan itu) mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (Q.S. Yunus : 58)

II.      Dasar Panitia Pembangunan Masjid Ar-Rahman

Dalam melaksanakan pembangunan ini kami Panitia Pembangunan Masjid        “Ar-Rahman” ini menitik beratkan pada beberapa faktor yaitu :

1.     Kondisi Perumahan Tatya Asri yang telah dihuni lebih dari 240 KK yang notabene-nya 95 % muslim belum mempunyai sarana ibadah / masjid bagi kegiatan ibadah dan kegiatan perayaan Islam yang ada.

2.     Kegiatan-kegiatan keagamaan telah berjalan dengan kontinyu baik yang berupa majelis taklim orangtua maupun kegiatan pengajian untuk anak-anak di lingkungan perumahan Tatya Asri.

3.     Hasil kesepakatan warga RW.12 yang memutuskan akan segera merealisasikan masjid “Ar-Rahman” sebagai sarana ibadah warga.

4.     Hasil Kesepakatan antara perwakilan warga di dampingi ketua RW.12 dengan pihak Developer PT. Megapolitan Developments tertanggal 4 Januari 2007 di Puri Megapolitan, Cinere, Depok. Yang menghasilkan keputusan memberikan kuasa pengelolaan lahan seluas 1000m2 bagi proses Pembangunan Masjid “Ar-Rahman”.

5.     Surat Dukungan dari Kepala Desa Cijujung akan proses pembangunan yang berjalan.

III.    Visi dan Misi Panitia Pembangunan Masjid Ar-Rahman

Visi

Panitia Pembangunan Masjid Ar-Rahman dalam menjalankan amanah warga muslim di perumahan Tatya Asri mempunyai Visi sebagai berikut :

” Menjadi Muslim yang Terpuji dalam Membangun Masjid Ar-Rahman ”

Dengan Visi ini panitia telah membuat garis jelas kegiatan pembangunan masjid yang dilaksanakan didasari oleh perilaku dan akhlak yang terpuji seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya.

“Dan golongan kanan. Alangkah bahagianya golongan kanan itu”

(Q.S Al Waaqiah : 27)

Misi

Untuk merealisasikan Visi tersebut diatas maka panitia menjabarkan ke dalam Misi dalam rangka mempermudah proses pelaksanaan pembangunan dan realisasi Masjid “Ar-Rahman” sebagai berikut :

“Mendirikan Masjid Ar-Rahman dengan penuh Kekeluargaan dan Kasih Sayang dalam rangka Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah untuk mewujudkan masyarakat Madani, Bahagia Sejahtera lahir dan bathin, dunia akherat yang berdasarkan pada Al-Qur-an dan Al-Hadist”.

Semoga Allah SWT mengabulkan misi kami ini. Amien.

IV.     Susunan Kepanitian Pembangunan Masjid Ar-Rahman

Dalam membangun Masjid “Ar-Rahman ini warga sepakat untuk membentuk kepanitia bagi kelancaran, efektifitas dan efisiensi proses pembangunan itu sendiri. Adapun susunan Kerpanitiaan Pembangunan masjid “Ar-Rahman adalah sebagai berikut :

Pelindung             : Kepala Dinas Cipta Karya Kab. Bogor.  & Kepala Desa Cijujung

Pembina               : Ketua RW.12

Pengawas             : Ketua RT 01, 02, 03, 04 dan WK RT 05

Penasehat             : Ade Priyatna

Ketua Umum         :  Muh. Yazid

Ketua pelaksana     :  Wahyu Wismanto Hadi

Wk. Ketua             : Bambang MP, Boyke Y. Effendi, M. Norman, Erwan T.

Sekretaris             : Bambang LW, Hamdan

Bendahara            : Agus H, M. Ardiansyah, Ny. Erwan

Humas                 : Sugito, Syamsudin, Zarkasih

Umum                  : Muh. Husaini, Agus S, Suratman, Edi

Perlengkapan        :  M. Diponegoro, Deden, Chaerul

Keamanan             : Basuki, Agus, Suhandi, Budi

Ditetapkan di Cijujung,

Pada tanggal 17 Februari 2007

H. Sukardi                                          Ade Swarna

original sign on file                              original sign on file

Kades Cijujung                                       Ketua RW 012

V.      Anggaran Pembangunan Masjid Ar-Rahman

Untuk menjaga efektifitas, efisiensi, transparansi dan pertanggung-jawaban Panitia terhadap penghimpunan dana pembangunan Masjid “Ar-Rahman” kami telah menyusun anggaran pendanaan pembangunan sebagai berikut :

Estimasi Anggaran Pembangunan Masjid Ar-Rahman


Keterangan

Jumlah
Pra-Pembangunan Rp.  15.000.000
Pembangunan / Struktur Rp. 370.000.000
Finishing Rp. 235.000.000
Jumlah Rp. 620.000.000
Pelaksanaan Kegiatan Pra-Pembangunan
No Kegiatan Pra-Pembangunan
1. Pembersihan, Pengukuran Lahan
2. Peletakan batu Pertama
3. Pembangunan Pondasi
4. Pembuatan Bedeng & Sumur
Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan / Struktur
No Kegiatan Pembangunan
1. Pembuatan Kolom
2. Pembuatan Balok
3. Pembuatan Plat Lantai
4. Rangka Atap & Plafon
5 Pasang bata
Pelaksanaan Kegiatan Finishing
No Kegiatan Finishing
1. Plester Aci
2. Pengecatan
3. Interior Masjid
4. Asesories Masjid
5. Taman
6. Peresmian Masjid

VI.     Peghimpunan Dana.

A. Prospek Sumber Dana

     1 – Masyarakat Muslim.

     2 – Instansi Pemerintah / Swasta dari dalam dan luar negeri.

     3-  Sumber dana lainnya yang halal dan tidak mengikat.

B. Sarana Penyaluran Dana

         1- Rekening Panitia.

              Bank                      : Bank Permata cab. Pajajaran Bogor.

              Nomor Rekening : 7311895391

              Atas Nama          : Wahyu Wismato Hadi / Agus Hendri

     Catatan :

     1. Setelah melakukan transfer, harap segera menghubungi bendahara.

    2. Rekening atas nama institusi akan dibuat setelah proses administrasi yayasan selesai

         2- Kupon.

    Panitia mengedarkan buku kupon bernomor seri melalui sukarelawan dengan nilai nominal per lembar Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).
    Kupon terdiri dari 2 potongan : potongan 1 untuk panitia & potongan 2 untuk donatur.

        3- Kwitansi Tanda Terima.

    Para donatur dapat memberikan sumbangan berupa uang / barang material, bila telah menyerahkan sumbangan donatur akan menerima kwitansi tanda terima.
    Panitia pemegang kwitansi :

      - RT 01  : Bpk Teguh (JB-03) & Bpk Darma (ID-09)

      - RT 02  : Bpk Husaini (JB-32) & Bpk Suratman (JB-28)

      - RT 03  : Bpk. Nurman (KB-26) & Bpk. Deden (LB-06)

      - RT 04  : Bpk. Zarkasih (MA-15), Bpk Ade Priyatna (LC-21)

      - RT 05  : Bpk/Ibu Erwan Triwidodo (B1-12A-B)

      Catatan :

Sebelum memberikan sumbangan dalam bentuk material, harap donator menghubungi panitia terlebih dahulu agar material yang disumbangkan sesuai dengan kebutuhan.

        4- Kotak amal.

Panitia membuat beberapa kotak amal yang diedarkan / ditempatkan di lokasi tertentu.

       5- Kontak Person.

Ketua Panitia  : Wahyu Wismanto Hadi : 081804594468

Bendahara       : Agus Hendri : 08128303211

Bendahara       : M. Ardiansyah : 08111495081

Koordinator pembangunan    : 1- M. Diponegoro : 08128068339

                                                     2- Basuki : 08129914473

VII.    Penutup

Demikian rangkuman proposal  pembangunan Masjid Ar-Rahman ini kami ajukan kepada para dermawan muslimin dan muslimat dimanapun berada. Dengan harapan seluruh warga muslim dapat membantu kami, Panitia Pembangunan masjid Ar-Rahman Perumahan Tatya Asri, Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, dalam merealisasikan berdiri masjid ini.

Tentunya melalui pemaparan ini, kami berharap para dermawan muslimin dan muslimat dimanapun berada mendapatkan informasi yang seluas-luasnya tentang pembangunan masjid Ar-Rahman, sehingga dapat disebar luaskan kepada sesama warga muslim sehingga dapat memberi masukan dan saran bagi kelanjutan proses pembangunan masjid di lingkungan kami ini.

“Tidak diperkanankan memiliki sifat hasad (iri hati) kecuali dalam dua perkara yaitu terhadap seseorang yang didatangi Allah dengan            Al-Qur’an dan ia menunaikannya sepanjang malam dan siang hari. Juga terhadap orang yang diberi harta oleh Allah SWT dan menafkahkannya sepanjang malam dan siang hari (dijalan Allah).” ( H.R. Imam Bukhari, hadist ke 5026, Kitab Shahih Bukhari ).

Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta berpartisipasi sehingga proses pembangunan masjid “Ar-Rahman” ini dapat berjalan seperti sekarang ini. Tak lupa kami juga mohon ma’af yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga muslim apabila dalam melaksanakan proses pembangunan masjid Ar-Rahman ini, kami banyak mengganggu waktu dan privasi para dermawan muslimin dan muslimat sekalian baik secara langsung maupun tidak langsung. Kami berharap dan berdo’a agar para dermawan sekalian tetap dilindungi oleh Allah SWT, dan tetap diberikan nikmat  kesehatan dan Iman. Amien.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...