Proposal untuk kegiatan memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Proposal untuk kegiatan memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Bismillahirrahmanirrahim

I. MUQODIMAH

ﺍﻟﺴﻼﻡﻋﻠﻴﮑﻡ ﻮﺮﺤﻣﺔﺍﷲ ﻮﺒﺮﮐﭡﻪ

Segala puji bagi Alloh SWT. Tuhan seluruh Alam. Sholawat serta Salam semoga selalu tetap tercurahkan kepada Rosulalloh Muhammad  SAW, sahabat serta seluruh pengikutnya yang selalu setia sampai akhir jaman.

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(Qs : Al ‘Isra’ : 17)” (bila perlu cantumkan ayat qur’annya supaya lebih bagus lagi)

Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW  bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Dengan memperingati Isro’ Mi’roj  Nabi Muhammad SAW diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Banyak sekali faidah-faidah yang terkandung dalam Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW sehingga melatarbelakangi Remaja Masjid Jami’ Nurul Ikhwan Kampung Ketapang Poncol RT 02/02 Desa Kalijaya untuk memperingati hari besar  Islam dilingkungan Masjid Jami’ Nurul Ikhwan.

Dengan Peringatan ini, diharapkan Remaja Masjid Jami’ Nurul Ikhwan dapat memberikan sesuatu yang berharga bagi lingkungan tempat tinggalnya, yang sekaligus mampu menjadi sarana untuk menempatkan diri dalam proses belajar maupun proses menuju insan muslim yang bertaqwa kepada Alloh SWT.

Selain itu fadhilah yang sangat dalam untuk memperingati isro’ mi’roj Nabi Muhammad SAW yang diharapkan mampu untuk diresapi, diapresiasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dipetik hikmahnya sehingga peringatan ini menjadi bagian dari upaya untuk membentuk masyarakat yang berakhlaq mulia dan yang bertaqwa kepada Allah SWT.

II. TUJUAN KEGIATAN
  1.     Meningakatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2.     Menjalin tali silaturahim antara Ulama dan sesama warga dilingkungan Masjid Jami’ Nurul Ikhwan.
  3.     Meningkatkan rasa gemar memperingati dan mempelajari sejarah Islam.
  4.     Proses belajar yang islami bagi Remaja Muslim di lingkungan Masjid Jami’ Nurul Ikhwan.

III. BENTUK KEGIATAN
  •     Pengajian Umum
  •     Pembacaan Gema Kalam illahi
  •     Marawis

IV. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari               : …………………….

Tanggal         : …………………….

Waktu           : …………………….

Penceramah : …………………….

Qori              : ……………………..

Tempat        : MASJID JAMI’ NURUL IKHWAN

Kamp. Ketapang Poncol RT 02/02 Desa Kalijaya – Cikarang Barat

V. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

VI. RENCANA ANGGARAN

Terlampir

VII. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, semoga Allah meridhoi , melindungi dan memberi petunjuk dan tuntunan serta pertolongan-Nya kepada kita sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan tujuannya dapat tercapai. Semoga pula kita dapat mengambil hikmah dan manfaat dari kegiatan ini dan tidak akan berhenti untuk menggapai Ridho-Nya.

Atas segala perhatian, dukungan, bantuan dan kerjasamanya tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah mencatat amal baik Bapak/Ibu/Saudara sekalian.Amin ya robbal alamin.

ﻮﺍﻟﺴﻼﻡﻋﻠﻴﮑﻡ ﻮﺮﺤﻣﺔﺍﷲ ﻮﺒﺮﮐﭡﻪ

Kalijaya, Mei 2010

Hormat kami,

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...