Sejarah Minyak Bumi dan manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia

Sejarah Minyak Bumi
minyak Bumi telah digunakan oleh manusia sejak zaman kuno, dan sampai saat ini masih merupakan komoditas yang penting. Minyak Bumi menjadi bahan bakar utama setelah ditemukannya mesin pembakaran dalam, semakin majunya penerbangan komersial, dan meningkatnya penggunaan plastik.
Lebih dari 4000 tahun yang lalu, menurut Herodotus dan Diodorus Siculus, aspal telah digunakan sebagai konstruksi dari tembok dan menara Babylon; ada banyak lubang-lubang minyak di dekat Ardericca (dekat Babylon).  Jumlah minyak yang besar ditemukan di tepi Sungai Issus, salah satu anak sungai dari Sungai Eufrat. Tablet-tablet dari Kerajaan Persia Kuno menunjukkan bahwa kebutuhan obat-obatan dan penerangan untuk kalangan menengah-atas menggunakan minyak Bumi. Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yang digali dengan bambu di China.
Pada tahun 1850-an, Ignacy Ɓukasiewicz menemukan bagaimana proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak Bumi, sehingga memberikan alternatif yang lebih murah daripada harus menggunakan minyak paus. Maka, dengan segera, pemakaian minyak Bumi untuk keperluan penerangan melonjak drastis di Amerika Utara. Sumur minyak komersial pertama di dunia yang digali terletak di Polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang sangat cepat di banyak belahan dunia lainnya, terutama saat Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaan Branobel yang berpusat di Azerbaijan menguasai produksi minyak dunia pada akhir abad ke-19.

Manfaat Minyak Bumi Bagi Manusia

manfaat minyak bumiKeberadaan minyak bumi dan berbagai macam produk olahannya memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan, sebagai contoh penggunaan minyak tanah ataupun gas, dan juga bensin. Tanpa ketiga produk hasil olahan minyak bumi tersebut mungkin kegiatan pendidikan, pertanian , perekonomian , dan lainnya tidak akan dapat berjalan lancar. karena manfaat minyak bumi sekarang masih sangat berpengaruh besar dalam pertumbuhan dari segala aspek.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat minyak bumi di berbagai bidang:

  • Manfaat dari segi Sandang
Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah).

Senyawa hidrokarbon juga mulai digunakan untuk mengganti bahan alam seperti sutra, kapas dan wall.

Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Dalam memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. Yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar sutra, katun atau serat alam lainnya.

  • Manfaat dari segi Papan

Genteng Plastik adalah bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Sedangkan bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG, yaitu polimer dari propilena, yakni senyawa olefin / alkena dari rantai karbon C3. Bahan plastik inilah kemudian jadi macam-macam seperti (genteng plastik), peralatan interior rumah, furniture, bemper mobil, meja, kursi dll.
  • Manfaat dalam hal Seni

Cat minyak untuk urusan seni, khususnya seni lukis, peran utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Mungkin kita mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat.
  • Manfaat dalam hal Estetika

Lipstik sebetulnya salah satu seni juga yang mencakup hal estetika. Akan tetapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. menjadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. contohnya lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya, semir sepatu atau farmasi.
  • Manfaat dari segi Perdagangan

Manfaat minyak bumi dalam hal perdagangan yang selama ini sangat terasa hasilnya seperti berikut ini,

Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini.

Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti layaknya bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan juga aspal.

Minyak bumi merupakan sumber daya dari alam yang keberadaannya bisa sangat langka apabila manusia terus mengeksploitasi untuk segala kebutuhan. Manfaat minyak bumi pun sangat penting bagi kebutuhan sehari-hari.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...