Laporan prakerin smk jurusan bisnis manajemen dan pariwisata

 PROSEDUR PENJUALAN PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL-ISUZU








NAMA                        :           DEVI MARLIANTY
KELAS          :           XII ACC2
JURUSAN    :           ACCOUNTING


SMK YADIKA 1
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KELOMPOK BISNIS MANAJEMEN DAN PARIWISATA
JL. Kamal Raya No. 42 Tegal Alur Kec. Kalideres Jakarta barat
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini telah di periksa dan di setujui oleh:


Pembimbing Perusahaan                                               Pembimbing Sekolah


         Tri Wahyuni                                                                 Dian Inri Vera, S.pd
                                                                                       


Kepala SMK YADIKA 1


 Drs. Kastel Sinurat

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat  Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri di PT. ASTRA INTERNATIONAL-ISUZU.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Drs. Kastel Sinurat, selaku Kepala SMK YADIKA 1 TEGAL ALUR. .
2. Dian Spd, selaku pembimbing dari SMK Yadika I.
4.  Dedi Santoso, selaku Kepala cabang PT. Astra International Isuzu
5. Tri, selaku pembimbing dari  PT. Astra International Isuzu
6. Seluruh staf dan karyawan yang telah menerima, membantu dan memberikan bimbingan selama kegiatan Praktek Kerja Industri berlangsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
7. Pihak-pihak yang tidak.dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Industri.


DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................................         I
Lembar pengesahan.........................................................................................         II
Kata Pengantar..................................................................................................         III
Daftar Isi ..............................................................................................................         IV
BAB I        PENDAHULUAN
A.   Alasan memilih judul ................................................................
B.   Tujuan Penulisan......................................................................
C.   Tujuan Praktek Kerja Industri...................................................
D.   Metode Pengumpulan Data.....................................................
BAB II       TINJAUAN PUSTAKA PT ASTRA INTERNATIONAL-ISUZU
A.   Pengertian Prosedur.................................................................
B.   Pengertian Penjualan ..............................................................
C.   Fungsi Penjualan......................................................................
D.   Jenis-jenis Dokumen Transaksi  Penjualan.........................
BAB III      TINJAUAN UMUM PT ASTRA INTERNATIONAL-ISUZU
A.   Sejarah Singkat Perusahaan..................................................
B.   Visi dan Misi Perusahaan........................................................
C.   Struktur Organisasi Perusahaan............................................

BAB IV     PROSEDUR  PENJUALAN PT. ASTRA INTERNATIONAL-ISUZU
A.   Buat Surat Pesanan..................................................................
B.   Membuat Proposal Penjualan.................................................
C.   Menentukan Down Payment...................................................
D.   TOP (Term Of Payment)............................................................
BAB V      PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
A.   Kegiatan Siswa Selama Prakerin...........................................
B.   Hambatan Hambatan yang Dihadapi.....................................
C.   Pemecahan Masalah................................................................
BAB VI     PENUTUP
A.   Kesimpulan.................................................................................
B.   Saran-Saran...............................................................................

DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................
DATA PRIBADI SISWA.....................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN....................................................................................



BAB I.
PENDAHULUAN
A.  ALASAN MEMILIH JUDUL
     Penulis memilih judul order penjualan pada PT. Astra International Isuzu, tbk, karena beberapa alasan yaitu:
1.  Sesuai dengan jurusan sekolah
2.  Karena ingin meningkatkan pengetahuan pada proses penjualan
3.  Karena sesuai dengan apa yang di kerjakan di perusahaan selama 2 bulan
4.  Karena proses penjualan merupakan sesuatu yang sangat enting bagi pihak perusahaan.
B.  TUJUAN PENULISAN
    Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah hasil penulisan Siswa setalahmenyelesaikan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) berdasarkan data yang di peroleh dandituangkan dalam bentuk tulisan ilmiahAdapun tujuan pembuatan laporan ilmiah antara lain:
·            Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis,logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·         Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif danilmiah.
·         Sebagai pertanggungjawaban siswa yangb telah melaksanakan Tugas Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang berkaitan dengan program keahliannya masing-masing.
·         Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) denagn baik






C.  TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
    Maksud dilaksanakannya praktek kerja industriyang diwujudkan dalam kerja di suatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir dari praktek kerja industri itu sendiri, juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja
      Adapun tujuan lain diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Industri  antaralain :
1.    Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
2.    Menumbuhkan dan  meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswauntuk memasuki dunia usaha,
3.    Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yangsesungguhnya,
4.    Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)





D.  METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penyajian karya tulis ini penulis mengumpulakan data dan informasi selama penulis melaksanakan praktek kerja industri. Adapun cara-cara yang penulis lakukan di dalam pengumpulan data dan informasi tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Metode Observasi
Adalah cara pengumulan data dan informasi dengan melakukan pengamatan secara langsung pada objek-objek yang dianggap perlu.
2.    Metode Wawancara
Adalah cara pengumpulsn data dan informasi dengan mengajukan beberapa pernyataan kepada pembimbing atau staff karyawan, jika ada masalah atau pekerjaan yang susah di mengerti.
3.    Metode Kepustakaan
Adalah metode pengumpulan data melaui data-data dari buku-buku yang telah diberikan oleh pegawai yang bersangkutan untuk dipelajari penulis, maupun dari buku-buku yang ada kaitannya dengan judul yang saya pilih.

BAB II.
TINJAUAN PUSTAKA
A.  PENGERTIAN PENJUALAN
         Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba. Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan,
karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat
konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga
dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982),
penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda.
Dari penjelasan tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut penjualan. Penjualan ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
B.  FUNGSI PENJUALAN
      Adapun fungsi penjualan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.    Fungsi penjualan merupakan salah satu fungsi bisnis yang melakukan tugas/kegiatan-kegiatan yang menyangkut pemasaran.
2.    Untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut, maka semua personil bagian pemasaran harus memahami dengan berbagai tugasnya.
3.    kegiatan yg bertujuan untuk mencari atau mengusahakan agar ada pembeli atau permintaan pasar yg cukup baik pada tingkat harga yg menguntungkan.
4.    Melakukan perencanaan tentang cara atau pola pejualan bagaimana yang dapat menjamin kemantapan permintaan pasar
5.    Melakukan kegiatan mencari pasar lokasi atau tempat pemasaran barang.
6.    Menetapkan jml dan kualitas maupun waktu yg tepat untuk memasarkan barang pada setiap pasar sasaran
7.    Menentukan jumlah lembaga perantara yg perlu dilibatkan.
C.  Jenis-Jenis Dokumen Transaksi Penjualan
Dokumen-dokumen yang digunakan dalammengelolah order penjualan adalah sebagai berikut
a.  Surat perkenalan: adalah surat dari calon penjual kepada calon pembeli. Maksud surat ini adalah agar calon pembeli mengenal perusahaan calon penjual.
b.  Surat Penerimaan Penawaran: adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh calon pembeli kepada calon penjual untuk meminta penawaran atau keterangan mengenai barang atau jasa tertentu yang dibutuhkan. Surat ini memuat informasi mengenai nama barang, harga satuan dll
c.  Surat enawaran: adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli untuk menawarkan barang atau jasanya.
d.  Surat Order Pembelian: adalah surat yang dibuat oleh pembeli yang ditunjukan kepada penjual dan berisi pemesanan barang.
e.  Surat Order Penjualan; merupakan dokumen untuk memproses penjualan kredit kepada pelanggan.
f.   Surat Pengiriman Barang: adalah surat yang dikirim oleh penjual kepada pembeli untuk memberitahu bahwa pesanan sudah diterima dan barang yang di pesan sudah dikirimkan ke alamat pembeli tersebut.
g.  Surat Pengajuan : adalah yang dibuat oleh pembeli kepada penjual dengan maksud memberitahu barang-barang yang dikirim bila tidak sesuai pesanan.
h.  Surat Pengiriman Pembayaran: adalah surat yang berisi pemberitahuan kewajiban pembayaran kepada pembeli.
                                                        


BAB III.
TINJAUAN UMUM
PT ASTRA ISUZU INTERNATIONAL Tbk
A.  SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN
            Astra berdiri pada tahun 1957 sebagai perusahaan perdagangan. Seiring dengan perjalanan waktu, Astra membentuk kerja sama dengan sejumlah perusahaan kelas dunia.
Sejak tahun 1990 Perseroan menjadi perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, dengan kapitalisasi pasar per 31 Desember 2011 sebesar Rp 229,58 triliun.
             Dan kini PT Astra International Tbk bersama Isuzu Motors Limited Japan dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia bekerjasama mendirikan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), yang sebelumnya dikenal sebagai PT Pantja Motor. IAMI memproduksi kendaraan dan komponen Isuzu.
              IAMI merupakan produsen mobil yang fokus pada kendaraan bermesin diesel dengan memproduksi kendaraan serbaguna (MPV) yaitu Panther dan kendaraan niaga mulai dari jenis pickup, light truck, medium sampai heavy duty truck. Isuzu Sales Operation, distributor tunggal kendaraan penumpang dan salah satu dealer utama kendaraan niaga merek Isuzu.

B.   VISI DAN MISI
a)    MISI:
Melayani masyarakat Indonesia dengan menyediakan kendaraan isuzu dan produk serta jasa terkait, dengan memaksimalkan nilai-nilai stakeholder yang berprinsip pada:
Ø    Budaya Berpusat pada Pelanggan
Ø    Karyawan yang memiliki produktifitas dan kompetensi tinggi
Ø    Proses Bisnis yang Kuat dan Efisien
Ø    Etika Bisnis yang Baik
Ø    Lingkungan kerja yang nyaman dan hubungan industrial yang kondusif.

b)    VISI:
Menjadi Distributor dan Retailer Terkemuka dengan pertumbuhan yang berkesenambungan serta memaksimalkan nilai-nilai stakeholder


                                                                                 


C.     STRUKTUR ORGANISASI









                                                      







BAB. IV PROSEDUR PENJUALAN
A.  Buat Surat Pesanan Kendaraan
·         Pengisian Data Lengkap dan valid (COPY Ktp/kartu NPWP), data kendaraan, harga sesuai surat keterangan harga yang berlaku, tanggal pelunasan dll
·         Validasi tandatangan surat pesanan kendaraan, salesmen, sales supervisor dan kepala cabang
·         Khusus untuk pemesanan Panther Minibus dengan penjualan leasing diluar ACC dan leasing ada kesepakatan harus ada surat persetujuan dari kawil.
B.  Membuat Proposal Penjualan (SPPH)
·         Pengisian data lengkap dan valid, sesuai Surat Pesanan Kendaraan
C.  Menentukan Down Payment (DP)
·         DP minimal per type sesuai surat keterangan down payment yang berlaku
·         DP sesuai dengan Purchase Order dengan mencantumkan tanggal dan cara pelunasan
·         Untuk karoserSurat Pesanan Kendaraan Astra ada Down Payment tambahan sebesar 50jt atau 60% dari nilai karoseri
D.  TOP (Top Of Payment)
·         Mengikuti surat keterangan top of payment
·         Menyerahkan bukti pembayaran, foto opy KTP, PO asli/ kontrak(bila perusahaan)
BAB V
PELAKASANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
A.  Kegiatan Siswa Selama Prakerin
Ø  Register dan filling kwitansi
Ø  Register faktur pajak
Ø  Register data identitas kendaraan (I Passport)
Ø  Menulis surat permohonan faktur polisi (form STNK)
Ø  Distribusi BPKB Dan kwitansi cabang Daan Mogot
Ø  Fax surat order pembelian
B.  Hambatan-Hambatan yang Dihadapi
Didalam dunia industry, penulis pernah menghadapi beberapa hambatan dalam bekerja. Adapun hambatan-hambatan yang penulis hadapi selama mengikuti praktek kerja industry, yaitu sebagai berikut:
Ø  Tugas yang diberikan terkadang berbeda dengan yang diajarkan di sekolah
Ø  Proses beradaptasi di lingkungan perusahaan adalah hambatan berikutnya karena penulis harus menyesuaikan diri di lingkungan kerja
Ø  Kurangnya menguasaiperalatan kantor


C.  Pemecahan Masalah
Adapun cara penulis untuk menyelesaikan masalah yang timbul selama praktik kerja industry (prakerin), yaitu:
1.    Bila penulis mengalami kesulitan atau tidak mengerti, penulis bertanya kepada pembimbing
2.    Bila kesulitan saat memakai alat-alat kantor bertanya kepada pembimbing
3.    Berusaha dan belajar agar kesulitan itu sedikit demi sedikit hilang
4.    Mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang kantor


                                 








BAB IV.
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
Pada penjelasan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Kegiatan praktik kerja indutri (prakerin) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK YADIKA 1 TEGAL ALUR. Dengan adanya kegiatan praktik kerja industri (prakerin) siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2. Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di perolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
3. PT. Surya Indah Dieselindo Perkasa sebagai perusahaan diesel yang sudah di kenal di Indonesia, telah memiliki system dan prosedur tata pesuratan, prosedur kerja, prosedur system kearsipan dan lain-lain


B.  Saran
Penulis sudah berada di bab akhir,sebelum penulis menutup laporan ini, penulis memberikan sedikit saran untuk kemajuan bagi semua pihak, yaitu:
a.    Bagi Perusahaan:
Ø  Di harapkan agar perusahaan juga mengajarkan siswa yang praktik kerja industri (prakerin) mengunakan alat-alat kantor terlebih dahulu seperti computer, mesin foto copy dan mesin-mesin lainnya
Ø  Kepada bagian pajak supaya menerima dan membimbing dengan lebih baik lagi siswa yang prakerin di bagian pajak
b.    Bagi Sekolah:
Ø  Dengan adanya program praktik kerja industri ini diharpakan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK Yadika 1 dengan PT. Surya Indah Dieselindo Perkasa
Ø  Saat PSG nanti diharapkan untuk siswa di masa yang akan datang agar bersifat sopan dan tidak bersifat angkuh karena itu akan menjatuhkan citra sekolah di perusahaan tersebut

Sumber : http://contohlaporanuntukakuntansi.blogspot.com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...