Makalah objek wisata baturaden dan owabong

Makalah objek wisata baturaden dan owabong

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kami menyusun makalah ini karena objek wisata Baturaden dan Owabong sangat strategis dan pemandangannya yang sangat bagus dan juga kisahnya yang menarik. Penulis ingin mendalami atau mengetahui bagaimana kisah asal mula Baturaden dan mengenal objek wisata Owabong.

B.    Perumusan masalah
Didalam penulisan makalah ini penulis akan merumuskan masalah-masalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana asal usul penaman Baturaden?
2.    Tempat apa saja yang ada di Objek Wisata Baturaden?
3.    Tempat apa saja yang ada di objek wisata Owabong ?

C.     Ruang lingkup masalah
Dalam menulis makalah ini penulis akan merumuskan masalah yang meliputi :
1.    Kisah nama Baturaden
2.    Tempat yang ada diobjek wisata Baturaden
3.    Pesona objek wisata Owabong

D.    Tujuan penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui sejarah Baturaden
2.    Untuk mengetahui pesona wisata Baturaden
3.    Untuk mengetahui pesona wisata Owabong




E.    Manfaat penulisan
Manfaat penulis mengadakan penelitian adalah sebagai berikut :
1.    Dapat menegetahui secara langsung objek wisata yang penulis kunjungi.
2.    Sebagai bahan bacaan yang bermanfaat.

F.    Metode Penulisan
Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan laporan ini adalah :
1.    Metode Observasi
Metode observasi adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung ke objek wisata yang dikunjungi.
2.    Metode Interview
Adalah pengumpulan data dengan cara mendengarkan pemandu wisata yang ada di objek wisata Baturaden.
3.    Metode Telaah Pustaka dan Surfing Internet
Adalah suatu metode pengumpulan data dengan cara membaca buku-buku yang berkaitan dengan objek wisata yang dikunjungi serta mencari data-data dari internet.















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Baturaden
1)    Sejarah Baturaden
Pada zaman dulu kala disebelah selatan Baturaden terdapat sebuah Kadipaten Kutaliman yang Adipatinya gemar memelihara kuda dan mempunyai Gamel (pemelihara kuda) yang diam-diam dicintai oleh salah seorang putri Adipati.
Tatkala hal ini diketahui oleh Adipati sangat murka dan diusirlah putra putrinya yang bernama si Gamel dan mereka bertempat tinggal disalah satu tempat yang sekarang dikenal dengan nama Baturaden.
Kata Baturaden terdiri dari dua kata :
1. Batur ………… Radin ( tanah datar)
2. Batur ………….Adi ( tanah yang indah)
dua macam nama tersebut bukan suatu nama yang berdiri sendiri tanpa ada kaitannya dengan wilayah lain sepanjang Gunung Slamet dari arah barat kearah timur sampai dataran tinggi Dieng. Disekitar Baturaden terdapat beberapa nama dengan diawali kata “Batur”.
Seperti misalnya :
- Batur Agung
- Batur Golek
- Batur Semende
- Batur Sengkala
- Batur Datar
- Batur Dhuwur
Selain kisah diatas juga ada data penunjang lainnya yaitu dengan datangnya seorang Syekh Maulana Maghribi untuk menyebarkan agama Islam diwilayah Baturaden dan sekitarnya, Beliau adalah seorang yang mempunyai tekad untuk menyadarkan para penduduk yang belum tahu tentang risalah/ajaran agama Islam diwilayah Baturaden dan sekitarnya.

2)    Tempat-tempat yang ada di Baturaden
Di obyek Baturaden juga banyak tempat-tempat yang diminati oleh para pengunjung baik domestic maupun asing, seperti :
1.    Taman Bermain








Taman bermain adalah salah satu objek wisata yang menarik. Taman ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk tempat peristirahatan sambil menikmati bekal yang mereka bawa. Ditempat ini juga terdapat patung “Dewi Ciptarasa dan Prabu Pulebahas beserta monyetnya”. Selain itu ditempat ini juga terdapat banyak penjual, baik penjual makanan dan minuman maupun cinderamata.
2.    Air Terjun








Air terjun dapat kita jumpai bila kita pergi ke taman Baturaden. Disana pemandangannya sangat indah dan biasanya dibawah air terjun digunakan untuk tempat bermain anak-anak maupun dewasa.
Air terjun di Baturaden biasanya digunakan oleh para pengunjung sebagai tempat pengambilan foto sebagai kenangan. Disini para pengunjung lebih senang bermain-main air dan bersantai ria sambil melihat pemandangan yang sangat indah disekitarnya.
3.    Kolam Renang








Kolam renang merupakan taman yang mengasikkan di lokasi Baturaden. Dikolam ini kita dapat mandi sambil bermain-main air disini juga disediakan baju renang bagi para pengunjung yang ingin berenang tapi tidak membawa baju renang.
Dikolam ini juga terdapat bagian yang dalam dan dangkal sehingga para pengunjung diharapkan berhati-hati terutama bagi mereka yang belum pandai berenang. Bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang maka lebih tepat untuk melihat-lihat saja karena kalau mereka berenang takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
4.    Pancuran Telu (tiga)








Pancuran telu juga merupakan salah satu objek yang banyak diminati para pengunjung. Di pancuran ini biasanya pengunjung hanya melihat-lihat saja.
Pancuran telu juga merupakan salah satu objek yang menarik karena disini terdapat tiga pancuran yang sesuai dengan namanya. Pancuran lebih sering digunakan sebagai tempat bermain saja.
5.    Pancuran Pitu (Tujuh)








Pancuran pitu adalah nama objek wisata di Baturaden yang paling jauh dan tinggi lokasinya. Pancuran ini merupakan pancuran teratas yang ada di Baturaden. Di pancuran ini konon Syech Maulana Maghribi (Mbah Atas Angin) sembuh dari penyakit, yaitu penyakit kulit yang dideritanya.
Di Pancuran Pitu terdapat tujuh pancuran yang memancarkan air panas. Di Pancuran Pitu para pengunjung bergantian mencuci kaki dan tangannya. Pancuran Pitu merupakan inti dari objek wisata Baturaden sehingga para pengunjung lebih mengutamakan pergi ke sini, bahkan boleh dikata belum sempurna rasanya apabila berkunjung ke Baturaden namun belum ke lokasi Pancuran Pitu.
6.    Kebun Binatang
Pada objek wisata Baturaden terdapat kebun binatang yang letaknya di dekat kolam yang digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan perjalanan berputar-putar mengelilingi kebun binatang. Pengunjung dapat mengelilingi kolam renang sambil melihat-lihat dengan menggunakan perahu yang berbentuk seperti angsa. Di kebun binatang terdapat bermacam-macam hewan lindung yang sudah terancam kepunahannya. Seperti Gajah, Siamang, Orang Utan, Harimau, dan binatang-binatang lainnya yang dilindungi. Di kebun binatang ini juga terdapat hewan yang sangat langka seperti sapi berkaki lima.
7.    Pemandangan Alam

Pemandangan Alam adalah salah satu tempat rekreasi yang mempunyai daya tarik tersendiri yaitu selain untuk dinikmati udaranya sangat segar sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada yang memanfaatkan untuk berfoto bersama keluarga, handai taulan, kawan, dan orang-orang yang dicintainya. Disini jug a akan kita jumpai pemandangan yang sangat alami.
8.    Jembatan Gantung

Jembatan Gantung ini adalah jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan Gantung merupakan salah satu jalan yang harus dilalui apabila ingin berkunjung ke Pancuran Pitu. Dibawah Jembatan Gantung terdapat pemandangan yang sangat indah sehingga jembatan ini banyak pengunjung yang berhenti untuk melihat pemandangan dibawahnya dan sekitarnya.

B.    Owabong
Pada saat pemerintahan bupati Triyono Budi Sasongko, obyek wisata bojongsari yang selanjutnya dikenal dengan owabong ini dikembangkan. Dulunya owabong merupakan pemandian bodjongsari yang mulai dibangun tahun 1946 oleh warga negara Belanda. Selanjutnya berkembang menjadi kolam pemandian atau kolam renang yang terletak di desa bojongsari yang dikenal juga dengan kolam renang bojongsari. Sumber airnya berasal dari tiga tuk (sumber air) yaitu Tuk Cidandang, Cipawon, dan Cikupel. Airnya sangat melimpah, sejuk dan menyegarkan badan.
Owabong diresmikan secara soft opening oleh Pak Bupati Triyono Budi Sasongko pada 1 Maret 2005 dan diresmikan kembali oleh Bapak Mardiyanto-Gubernur Jawa Tengah waktu itu pada 18 Maret 2005 sebagai peresmian Grand Opening. Dengan dikembangkan menjadi water park, owabong tidak hanya populer di kawasan Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen) tapi juga di Jawa Tengah dan berbagai kota besar lainnya di Indonesia. Obyek wisata yang menawarkan pesona alam desa dan sejuknya air pegunungan ini, selalu dipenuhi dengan pengunjung.
Owabong mempunyai tempat parkir yang luas untuk bis, kendaraan pribadi maupun sepeda motor. Jangan khawatir jika anda lupa membawa perlengkapan berenang untuk dewasa dan anak, di halaman owabong anda bisa temukan para pedagang yang menjajakan perlengkapan berenang seperti baju renang, kacamata berenang, pelampung untuk anak-anak, bahkan ada juga yang menawarkan jasa memompa pelampung dengan tarif terjangkau.
Obyek wisata air seluas 4,8 hektar ini terletak di desa bojong sari, Purbalingga, Jawa Tengah. Dari terminal bis Purbalingga hanya berjarak sekitar 10 KM. Untuk menjangkau lokawisata ini anda bisa menumpang bis jurusan Purbalingga-Bobotsari atau Purbalingga-Pemalang atau naik angkutan kota. Bilang saja Owabong, maka para kondektur angkutan sudah hapal semua. Dijamin!
Diawal berdiri, owabong berslogan OWABONG BYURRRRR!. Slogan owabong saat ini, OWABONG MELAWAN ARUS!
Pembaca yang suka dunia air…
Owabong menawarkan berbagai wahana wisata air diantaranya :
1.    Water Boom

Ada dua pilihan waterboom, jika anda tidak takut ketinggian silahkan gunakan prosotan yang tinggi. Jika anda gak berani yang tinggi, owabong juga menyediakan water boom yang sedang-sedang saja. Pacu andrenalin Anda dengan menaiki spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter.
2.    Ember Tumpah

Nikmati sensasi ketumpahan air satu ember besar. Siap-siap berteriak keras ketika air sudah memenuhi sebuah ember besar yang digantung pada kedua tiang besi disisi kolam air. Rasakan sejuknya, teriak sekencang-kencangnya dan BYURRRRRRRRRRRRR!
3.    Pantai Bebas Tsunami
Ya ini nama yang fenomenal. Semua orang Indonesia pasti dah kenal dengan istilah Tsunami. Maka dari itu owabong juga mengenalkannya disini, pantai bebas tsunami. Ya sekedar kolam luas dengan limpahan air yang sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau hari-hari libur nasional, rasakan meriahnya acara bagi-bagi hadiah dari pengelola owabong. Seorang petugas owabong akan menggantungkan dirinya di kabel flying fox sambil membawa berbagai macam hadiah. Pada jam tertentu, pengunjung owabong akan diminta berkumpul di kolam bebas tsunami. Petugas yang sudah bersiap di kabel flying fox akan melemparkan hadiah ke kolam. Dan pengunjung yang jumlahnya ratusan pun akan berteriak dan saling berebut menangkap hadiah. Siapa cepat menangkapnya, dialah yang beruntung. Siap-siaplah berbasah-basah dan dapatkan kesempatan menangkap hadiah menarik dari pengelola owabong!
4.    Kolam Olympic

Kolam olympic merupakan kolam renang berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.
5.    Flying Fox

Pacu adrenalin Anda dengan terbang melintasi pantai bebas tsunami. Jangan takut, jika ini pertama kali bagi anda, 2 orang petugas sudah siap membantu anda di kolam bebas tsunami. Alat keselamatan juga wajib dipakai sebelum anda memulai permainan ini. Safety First!
6.    3D/4D Movie Theater
Nah! tepat dibawah landasan sebelum naik flying fox ada gedung fil 3D dan 4D. Anda bisa menikmati serunya film animasi bersama keluarga dan orang terdekat di hati tentunya. :)
7.    Kolam Sesat
Kolam yang berisi air yang dingin ini merupakan kolam untuk bermain jungkat-jungkit air (Sea Saw) dan Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam balon besar itu dan menikmati sensasinya. Ada lagi yang namanya sea saw, ajak teman-teman lainnya dan bisa saling menjungkat-jangkit sebuah karet besar dan panjang, kaya perahu karet. Pokoknya asyik!
8.    Kolam Pesta Air
Ternyata pesta nggak mesti di hotel, gedung atau kebun. Pesta itu bisa juga di air lho! Wahana ini disebut juga dengan Istana air. Sebuah wahana air yang dipadukan dengan arena bermain anak-anak, hujan-hujanan, luncuran, dan dapat dipakai untuk terapi air.
9.    Kanal Arus

Nikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi kanal arus sepanjang 200 meter. Wahana ini merupakan wahana yang sangat menarik. Anda akan berkeliling di kanal ini menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung. Ajak semua anggota keluarga anda dan bermain bersama!
10.    Kolam Akhir

Kolam ini merupakan kolam yang diatasnya ada ember tumpah. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow (Bantal Besar). Anda bisa melompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri anda ke sebuah bantal berukuran besar. Jika anda tidak beruntung maka anda akan jatuh ke air. Tapi asyik kok, paling-paling basah kuyub. Asyiik!
11.    Kolam Renang Dangkal
Bagi anak-anak yang suka berenang, bisa menikmati kolam ini. Kalau yang dewasa bisa menikmati renangnya di kolam olympic.











12.    Gokart

Ya! Permainan ini mungkin gak ada hubungannya dengan air. Tapi permainan ini bisa menjadi acara rehat sejenak sebelum melanjutkan ke wahana air selanjutnya. Cukup membayar 50 ribu rupiah, anda bisa memulai sebuah tantangan layaknya pembalap Formula-1
13.    Fish Spa

Jika anda sudah membayar saat masuk pintu utama owabong, maka anda harus membayar lagi sebesar 15 ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati terapi ikan ala fish spa. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran dan Syria dan bisa hidup dengan suhu 43 derajat celcius, konon bisa mengobati penyakit kulit. Jangan takut! Ikan-ikan ini tak akan membuat kaki, tangan atau badan anda berdarah-darah. Ikan-ikan ini tak akan menggigit. Tapi siap-siap aja anda merasakan Gelinya jilatan ikan-ikan ini!

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah kami menyelesaikan makalah ini, maka kami dapat menyimpulkan bahwa objek wisata Baturaden merupakan objek wisata yang indah dan menyenangkan karena disini udaranya masih alami sejuk nan segar juga merupakan tempat bersejarah, dimana para petapa mengalami beberapa keajaiban yang belum pernah dialami sebelumnya terutama di desa ini. Baturaden menyimpan sejuta kisah para leluhur dimasa lampau.
Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah.
B.    Saran-saran
Disamping hal-hal positif yang dapat kita tarik kesimpulannya maka penulis menyarankan :
1.    Bagi pihak pengelola objek wisata Baturaden dan Owabong sebaiknya meningkatkan fasilitas agar lebih baik.
2.    Bagi pengelola Baturaden dan Owabong sebaiknya selalu meningkatkan kebersihan lingkungan.
3.    Bagi para pengunjung diharapkan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar objek wisata Baturrraden dan Owabong.
4.    Bagi pengelola objek wisata Baturaden sebaiknya menambah binatang-binatang yang ada di Baturaden.
5.    Bagi pengelola hendaknya meningkatkan keamanan agar pengunjung merasa terjamin keamanan dan kenyamanannya.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...